Translate

ADVERTISE

LAKIP? Apa sih LAKIP itu? 

Bagi yang bekerja di instansi pemerintah, utamanya di bidang organisasi/tata laksana, LAKIP cukup akrab di telinga. Bukan cuma itu, menyusun LAKIP mungkin adalah pekerjaan sehari-sehari. 

LAKIP sendiri adalah Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Sederhananya, LAKIP adalah dokumen pertanggungjawaban kinerja suatu instansi atas rencana strategis maupun rencana tahunan yang telah disusunnya. LAKIP sendiri merupakan bagian dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP. Hubungan tersebut akan tergambar dalam bagan berikut ini:






Menyusun LAKIP sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Kebanyakan dari pengelola organisasi pasti akan mampu menyusunnya, karena LAKIP merupakan deskripsi dari apa yang selama ini telah dilakukan. Asal datanya lengkap, LAKIP bisa disusun dengan cepat. 

Lalu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menyusun LAKIP? 


  1. Menyusun tim kerja
  2. Memahami inpres no 7 tahun 2003
  3. Memahami instruksi menteri terkait
  4. Kebijakan teknis (instruksi dan surat edaran pejabat eselon I)
  5. Mengumpulkan data baik data internal maupun data eksternal
  6. Pembahasan dan klarifikasi data internal/eksternal kepada yang terkait
  7. Membuat rekap DIPA tahun laporan (menentukan jumlah kegiatan, jumlah dana setiap kegiatan, jumlah barga barang/jasa yang dibeli oleh dana setiap kegiatan, sisa dana setiap kegiatan yang ada pada DIPA tersebut
  8. Mengumpulkan rencana stratejik 5 tahun yang telah dibuat oleh bagian perencanaan
  9. Mempedomani penetapan kinerja yang dibuat pada awal tahun laporan pada waktu penerimaan DIPA (memindahkan sasaran, program dan kegiatan yang ada pada DIPA yang akan dilaksanakan)
  10. Menyusun rencana kinerja tahunan atas dasar penetapan kinerja (isi RKT dimaksud adalah semua kegiatan yang ada pada DIPA tahun yang dilaporkan dan telah selesai dilaksanakan)
  11. Melakukan pengukuran kinerja kegiatan
  12. Melakukan pengukuran pencapaian sasaran
  13. Melakukan evaluasi kinerja : analisis efisiensi (untuk mengetahui tingkat efisiensi kegiatan)
  14. Analisis efektifitas (untuk mengetahui keserasian antara tujuan dengan hasil, manfaat, dampak)
  15. Analisis akuntabilitas (untuk mengetahui keterkaitan antara hasil dengan kegiatan, program, kebijakan, sasaran, tujuan, misi, dan visi)
  16. Melakukan penyusunan LAKIP (narasi LAKIP):
  17. Menandatangani LAKIP ke pimpinan

Isi LAKIP sendiri antara lain adalah : 
  • Ikhtisar Eksekutif. Pada bagian ini disajikan tujuan & sasaran yang telah ditetapkan dalam rencana strategis serta sejauh mana instansi pemerintah mencapai tujuan & sasaran utama tersebut, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pencapaiannya. Disebutkan pula langkah-langkah apa yang telah dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut & langkah antisipatif untuk menanggulangi kendala yang mungkin akan terjadi pada tahun mendatang
  • Pendahuluan. Pada bagian ini dijelaskan hal-hal umum tentang instansi secara uraian singkat mandat apa yang dibebankan kepada intansi .

  • Rencana Kinerja. Pada bagian ini disajikan gambaran singkat mengenai rencana strategis dan rencana kinerja. Pada awal bab ini disajikan gambaran secara singkat tujuan utama yang ingin diraih instansi pada tahun yang bersangkutan serta bagaimana kaitannya dengan capaian visi dan misi instansi

  • Akuntabilitas Kinerja. Pada bagian ini disajikan uraian hasil pengukuran kinerja, evaluasi & analisis akuntabilitas kinerja. Termasuk didalamnya menguraikan secara sistematis keberhasilan/kegagalan, hambatan/kendala & permasalahan yang dihadapi serta langkah-langkah antisipatif yang akan diambil. Selain itu disajikan pula akuntabilitas keuangan dengan cara menyajikan alokasi & realisasi anggaran bagi pelaksanaan tupoksi & tugas-tugas lainnya, termasuk analisis tentang capaian indikator kinerja efisiensi

  • Penutup. Pada bagian ini dikemukakan tinjauan secara umum tentang keberhasilan/kegagalan, permasalahan & kendala utama yang berkaitan dengan kinerja instansi yang bersangkutan serta strategi pemecahan masalah

  • Lampiran
  • Lampiran bisa berupa foto, tabel pengukuran kinerja kegiatan, tabel pengukuran pencapaian sasaran, tabel rekapitulasi hasil analisis efisiensi, dan hal-hal lain yang dianggap perlu

Dengan demikian, maka daftar isi LAKIP akan memuat hal-hal sebagai berikut: 
  • Kata Pengantar 
  • Daftar Isi
  • Ringkasan eksekutif
  • Bab 1 Pendahuluan
    • Latar Belakang
    • Tugas Pokok & Fungsi Instansi
    • Struktur Organisasi
    • Sistematika Penyajian 
  • Bab 2 Rencana Strategis & Rencana Kinerja
    • Rencana Strategis 5 tahun
    • Rencana Kinerja tahun yang dilaporkan

  • Bab 3 Akuntabilitas Kinerja
    • Pengukuran Capaian kinerja tahun yang dilaporkan
    • Evaluasi & Analisis Capaian kinerja sasaran tahun yang dilaporkan

  • Penutup

  • Lampiran


Sumber : http://triehartanto.blogspot.co.id

0 comments:

Total Pageviews

Lokasi Pengunjung

Followers

Popular Posts

Contact Form

Name

Email *

Message *